Top
|
Kepala Dinas Kesehatan
|
Kepala Dinas Kesehatan
| |
Middle Manager
|
Kepala Dinas Kesehatan
|
Sub Dinas Pelayanan Kesehatan
|
Sub Dinas Pelayanan Kesehatan, Seksi Bina Rumah Sakit dan Puskesmas
|
Seksi Bina Rumah Sakit dan Puskesmas
|
Rumah Sakit dan Puskesmas
|
Rumah Sakit dan Puskesmas
| |
Support System
|
Sub Dinas Pelayanan Kesehatan
|
Seksi Bina Rumah Sakit dan Puskesmas
|
Puskesmas, Pustu, Pusling, Posyandu, Poskesdes, Polindes dan Instansi Pemerintah Lainnya (Dinas Pendidikan, BKBPP, Dinas Pekerja Umum, Bappeda, BLHD, dll)
|
Operating Core
|
Rumah Sakit dan Puskesmas
|
Tenaga Kesehatan
|
Tenaga Kesehatan
|
Client
|
Dalam organisasi ini menunjukkan proses Dinas Kesehatan dalam mengupayakan program pembinaan Rumah Sakit dan Puskesmas terhadap pelayanan kesehatan di masyarakat. Secara umum, pelayanan kesehatan yang bermutu/baik adalah pelayanan kesehatan yang peduli dan terpusat pada kebutuhan serta harapan pengguna layanan/masyarakat. Sementara itu, nilai-nilai pengguna layanan menjadi titik tolak penyediaan pelayanan kesehatan dan menjadi persyaratan yang harus dapat dipenuhi. Akhir-akhir ini, kinerja pelayanan kesehatan menjadi sorotan masyarakat, baik dalam pelayanan dasar (Puskesmas dan jaringannya) maupun pelayanan rujukan (Rumah Sakit).
Untuk dapat melakukan pembinaan tersebut, pihak Dinas Kesehatan harus memverifikasi data yang didapatkan guna diketahuinya pencapaian kinerja yang dilakukan oleh Rumah Sakit dan Puskesmas, sehingga dapat dilakukannya pembinaan secara lebih mendalam dan terfokus. Berdasarkan pada versi diatas, penulis mengusulkan perubahan organisasi menggunakan versi ketiga karena pada versi tersebut, Rumah Sakit dan Puskesmas dapat menentukan langkah-langkah atau standar pelayanan kesehatan yang disesuaikan dengan kondisi tempat Rumah Sakit dan Puskesmas tersebut berada dan didukung dengan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar