Sesi 5

Birokrasi dari organisasi pemerintah

14 Maret 2016 jam15-14.40 

Tujuan Belajar
  1. Memberikan alasan mengapa istilah-istilah seperti street level bureacracy, kegagalan pemerintah, kegagalan pasar, coping strategies, kerja berat atau ringan gaji sama, makan gaji, atau tahu sama tahu terkait dengan organisasi pemerintah.
  2. Memberikan contoh diagram struktur organisasi birokratik di lembaga tempat mahasiswa bekerja
  3. Mengidentifikasi peluang-peluang dalam organisasi pemerintah yang mendorong terjadi penyimpangan.
  4. Memberikan contoh-contoh strategi membuat organisasi pemerintah lebih akuntabel terhadap publik
  5. Menjelaskan praktik terkait dengan paradigma new public management

Bacaan:

(Mohon mahasiswa mengambil bahan-bahan di bawah ini melalui internet).
  1. Erasmus, E. (2014). The use of street-level bureaucracy theory in health policy analysis in low-and middle-income countries: a meta-ethnographic synthesis.Health policy and planning, 29(suppl 3), iii70-iii78.
  2. Hammer J, Aiyar Y, Samji S. Understanding Government Failure in Public Health Services. Economic and Political Weekly. 2007;(October 6):4049–57.
  3. Van Lerberghe W, Conceicao C, Van Damme W, Ferrinho P. When staff is underpaid: dealing with the individual coping strategies of health personnel. Bulletin of the World Health Organization. 2002 Jan;80(7):581–4.
  4. Bergen, A., & While, A. (2005). ‘Implementation deficit’and ‘street‐level bureaucracy’: policy, practice and change in the development of community nursing issues. Health & social care in the community, 13(1), 1-10.
  5. Thompson, F. J. (1983). Street-Level Bureaucracy: Dilemmas of The Individual In Public Services. Journal of Health Politics, Policy and Law, 7(4), 968-970.
  6. Cooper, M. J., Sornalingam, S., & O’Donnell, C. (2015). Street-level bureaucracy: an underused theoretical model for general practice?. Br J Gen Pract, 65(636), 376-377.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar