Sesi 2

Organizations as rational system


Learning objectives

  1. Memperlihatkan bahwa organisasi layanan kesehatan menjadi bagian yang tidak terpisah dari sistem kesehatan.
  2. Mengelola pasien dan masyarakat sebagai pihak yang memiliki kebutuhan berkelanjutan dari berbagai provider dalam sistem kesehatan 
  3. Mendefinisikan input, proses, output sebagai bagian dari sistem produksi dan outcome sebagai klien atau pembeli layanan. 
  4. Minztberg work:
    1. Membedakan fungsi dari operating core, support staff, technostructure, middle manager dan strategic apex dari 5 komponen organisasi Mintzberg.
    2. Menerapkan 5 komponen organisasi di lembaga kesehatan.

Bacaan


  • Scott, W. R., & Davis, G. F. (2007). Organizations and organizing: Rational, natural, and open system perspectives. Prentice Hall. Chapter 2: Organizations as rational systems
  • Flood, A. B., Zinn, J. S., & Scott, W. R. (1994). Organizational performance: managing for efficiency and effectiveness. Health care management: Organization design and behavior, 316-51.

Tugas:


Tugas analisis program kesehatan yang mahasiswa terlibat. Jawablah pertanyaan bahwa program saudara lebih efektif untuk kelompok masyarakat tertentu dan tidak efektif untuk kelompok tertentu yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar