Sesi 2
Organizations as rational system
Learning objectives
- Memperlihatkan bahwa organisasi layanan kesehatan menjadi bagian yang tidak terpisah dari sistem kesehatan.
- Mengelola pasien dan masyarakat sebagai pihak yang memiliki kebutuhan berkelanjutan dari berbagai provider dalam sistem kesehatan
- Mendefinisikan input, proses, output sebagai bagian dari sistem produksi dan outcome sebagai klien atau pembeli layanan.
- Minztberg work:
- Membedakan fungsi dari operating core, support staff, technostructure, middle manager dan strategic apex dari 5 komponen organisasi Mintzberg.
- Menerapkan 5 komponen organisasi di lembaga kesehatan.
Bacaan
- Scott,
W. R., & Davis, G. F. (2007). Organizations and organizing:
Rational, natural, and open system perspectives. Prentice Hall. Chapter 2:
Organizations as rational systems
- Flood, A. B., Zinn, J. S., & Scott, W.
R. (1994). Organizational performance: managing for efficiency and
effectiveness. Health care management: Organization design and behavior,
316-51.
Tugas:
Tugas analisis program kesehatan yang mahasiswa terlibat. Jawablah pertanyaan bahwa program saudara lebih efektif untuk kelompok masyarakat tertentu dan tidak efektif untuk kelompok tertentu yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar