Sesi 6

Mengenal desain organisasi dinas kesehatan, puskesmas, dan rumah sakit pemerintah dalam mengelola klien dan mutu

18 Maret 2016


Learning Objectives:
  1. Mendeskripsikan perbedaan pokok dalam hal matriks dan birokrasi mesin versi Mintzberg
  2. Mendiskusikan keuntungan-keuntungan dari komponen organisasi matriks
  3. Memperlihatkan gambar yang mencerminkan organisasi matriks dari lembaga tempat mahasiswa bekerja
Tugas
  • Tugas memetakan lembaga tempat mahasiswa bekerja dalam versi komponen organisasi. Mendiskusikan jenis lingkungan dan konfigurasi dari lembaga saudara. 
Bacaan
  1. Heywood P, Choi Y. Health system performance at the district level in Indonesia after decentralization. BMC international health and human rights. 2010;10:3. 
  2. Turnock BJ, Handler AS, Dyal WW, Christenson G, Vaughn EH, Rowitz L, et al. Implementing and assessing organizational practices in local health departments. Public Health Reports. 1994;109(4):478–84. 
  3. Turnock BJ, Handler AS, Miller CA. Core Function-Related Local Public Health Practice Effectiveness. Journal of Public Health Management and Practice. 1998;4(5):26–32.

Pelajari contoh websited dari dinas kesehatan dari beberapa daerah dan negara. Dari isi website mereka, bayangkan siapa dan apa yang menjadi klien dari organisasi mereka. Ceritakan tentang layanan-layanan yang diberikan oleh dinas kesehatan. Bayangkan seperti apa desain dan struktur organisasi dari departemen kesehatan mereka.

  • http://www.dinkes.jogjaprov.go.id/dinkes/home
  • http://dinkesdki.jakarta.go.id/dinkesdki/
  • http://jknkl.moh.gov.my/
  • http://www.doh.gov.ph/
  • http://publichealth.lacounty.gov/
  • https://www.health.ny.gov/
Kunjungi juga web dari organisasi-organisasi rumah sakit dan puskesmas.

Klien adalah paling penting dalam setiap organisasi. Organisasi itu justru karena ada klien. Pelajari komponen terutama terkait klien dan operating core. Mahasiswa seharusnya bisa mengkaitkan kegiatan-kegiatan itu dengan pelaku dalam organisasi (model Mintzberg). Coba pelajari bagaimana kita memenuhi kebutuhan klien. Pelajari cara-cara dari organisasi-organisasi public health itu dalam mengelola keluhan dari pasien. Bagaimana organisasi public health meningkatkan mutu layanan mereka? Silakan pelajari artikel dari Kaluzny dkk ini. Diskusikan perbedaan dalam berurusan dengan klien dalam model TQM dan yang mutu tradisional.

Kaluzny, A. D., McLaughlin, C. P., & Simpson, K. (1992). Applying total quality management concepts to public health organizations. Public health reports107(3), 257.

  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1403644/pdf/pubhealthrep00073-0019.pdf 

1 komentar: