REFERENSI BUKU 3
An Introduction to Quality Assurance in Health Care
Avedis Donabedian
Edited by Rashid Bashshir. 2003
Posted by Nur Chayati
Buku ini mengupas tentang penjaminan mutu, yang menurut Avedis Donabedian, penjaminan mutu adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk memelihara, menjaga, meningkatkan dan mempromosikan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga tujuan utama dari Quality Assurance adalah terjadinya perubahan perilaku.
Quality assurance diperlukan untuk menjamin bahwa pelayanan yang diberikan berkualitas. Menurut Avedis Donabedian, kualitas sebuah pelayanan dibagi menjadi 3, yaitu berkualitas baik, cukup dan jelek. Terdapat 3 pendekatan untuk mengkaji kualitas pelayanan, yaitu:
1. Pendekatan struktur
Komponen yang masuk struktur adalah sumber-sumber material seperti fasilitas, peralatan, sumber daya manusia seperti jumlah, keberagaman dan kualifikasi profesional, dukungan personal. Struktur juga meliputi karakteristik organisasi seperti staf medis dan keperawatan, fungsi pembelajaran dan penelitian, jenis-jenis supervisi, performance, metode pembayaran dll.
2. Pendekatan proses
Pendekatan proses ditekankan pada aktivitas pelayanan kesehatan seperti diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, pencegahan, pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh profesional dengan melibatkan pasien dan keluarga pasien.
3. Pendekatan Outcome
Pendekatan outcome menekankan pada perubahan baik yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan pada individu dan populasi. Outcome yang dilihat bisa perubahan status kesehatan, perubahan pengetahuan, perubahan periku, kepuasan pasien dan anggota keluarga terhadap perawatan yang diterima serta outcome yang dicapai.
Kualitas pelayanan tidak bisa dipisahkan antara ke3 komponen di atas karena struktur mempengaruhi proses dan proses akan mempengaruhi outcome. Salah satu keterbatasan model struktur, proses dan outcome ini lebih cocok untuk mengkaji praktik klinik, tetapi untuk mengevaluasi aktivitas lain, maka harus ada modifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar