REFERENSI BUKU 4
Applying Quality Management in Health Care. A Process for improvement.
Diane L. Kelly. 2003
Posted by Nur Chayati
Definisi kualitas menurut buku ini adalah derajat pelayanan kesehatan yang ditujukan bagi individu dan kelompok yang meningkat sesuai dengan outcome yang diharapkan serta konsisten dengan pengetahuan professional. Sedangkan Quality Assurance adalah sebuah pendekatan untuk mengeliminasi kekurangan. Quality Assurance diperlukan untuk mencapai total quality dan upaya-upaya dalam quality improvement. Total quality merupakan suatu filosofi atau pendekatan manajemen yang dapat dikarakteristikkan dengan prinsip-prinsip, praktis dan teknik. Tiga prinsip yang dipegang dalam total quality adalah fokus pada customer, continuous improvement dan kerjasama tim. Secara garis besar total quality adalah konsep strategis, sedangkan continuous quality improvemnet adalah upaya-upaya untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas melalui upaya memenuhi kebutuhan klien (customer fokus), day to day action dan dalam melakukan semua upaya tersebut dibutuhkan kerjasama dan komunikasi antar tim.
Upaya untuk mencapai continuous quality improvement dibutuhkan sebuah tool yang berfokus pada problem solving dan menyediakan dokumentasi-dokumentasi, sehingga para manager bisa menggunakan data tersebut untuk mengorganisasikan dan mencatat perubahan proses dan hasil dari proyek tsb. Sehingga kegunaan CQI tool dibagi menjadi 4 yaitu untuk mengidentifikasi harapan-harapan klien, mendokumentasikan proses, mendiagnosa masalah dan untuk monitoring kemajuan yang dicapai.
Adanya kegiatan assessment kebutuhan, dokumentasi sampai monitoring pelaksanaan program dalam sebuah perusahaan diharapkan layanan/service yang diberikan pada consumer betul-betul berkualitas, yaitu sesuai dengan harapan dan standar konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar